Waspadai 4 Ciri Agen Properti yang Curang pada Konsumen

Ciri agen properti yang curang adalah hal yang wajib Anda ketahui terlebih dulu sebelum memutuskan untuk menjual properti. Soalnya sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa menjual properti memang bukanlah perkara yang mudah dan terkadang membutuhkan pihak ketiga. Namun agar tidak dikurangi, berikut ini ada 4 ciri agen properti yang mesti diwaspadai. 

ciri agen properti yang curang
99.co

1. Menawarkan Properti Secara Memaksa


Ciri pertama dari seorang agen properti yang wajib Anda hindari adalah mereka yang menawarkan properti secara memaksa. Hal ini biasanya terjadi ketika seorang agen menawarkan Anda sebuah properti yang menurut mereka terbaik dan harus segera dimiliki sekarang juga. Biasanya mereka juga beralasan bahwa Anda akan rugi besar apabila enggan untuk menuruti. 

Apabila ciri-ciri tersebut Anda temui maka sebaiknya Anda mesti waspada sekarang juga. Soalnya ciri-ciri tersebut hanya ditunjukkan oleh agen properti yang hanya ingin mendapatkan keuntungan semata. Dalam arti kata lain, mereka tidak benar-benar peduli terhadap kualitas properti tersebut dan hanya ingin segera mendapatkan komisi dari Anda yang membelinya. 

2. Mengatur Harga Jual Secara Sepihak


Ciri agen properti yang curang berikutnya adalah mereka yang mengatur harga jual secara sepihak. Padahal hal ini adalah sesuatu yang sangat merugikan terutama untuk Anda yang menggunakan jasanya. Asal tahu saja, tugas utama dari seorang agen properti adalah memberikan data-data yang lengkap tentang berbagai harga properti yang direkomendasikan. 

Nantinya Anda sendiri yang memegang kuasa untuk memutuskannya. Biasanya agen properti yang melakukan hal ini semata karena ingin mendapatkan keuntungan guna dirinya sendiri. Sedangkan Anda malah mengalami kerugian karena harga yang Anda dapatkan tidak sesuai dengan harga yang ada di pasaran atau bahkan sangat jauh dari  harga rata-rata. 

3. Memberi Janji untuk Membeli Properti 


Banyak agen properti nakal yang melakukan berbagai cara agar kliennya mau terikat kontrak panjang bersama mereka. Salah satu triknya adalah dengan memberi janji bahwa mereka akan membeli properti atau rumah yang tidak terjual dalam waktu lama. Apabila Anda juga ditawari hal ini sebaiknya hati-hati karena ini bisa saja bagian dari trik untuk menipu Anda. 

4. Tidak Memiliki Sejarah yang Bagus


Ciri yang terakhir adalah agen properti tersebut nyatanya tidak memiliki sejarah yang bagus atas pamornya sebagai agen. Apabila Anda juga menemukan agen dengan ciri ini maka sebaiknya berhati-hati. Soalnya hal tersebut bisa menyebabkan berbagai kemungkinan mulai dari agen yang masih amatir hingga mereka memang tidak pernah memiliki raihan prestasi yang baik. 

Dengan mengetahui ciri agen properti yang curang maka pastinya akan mampu membuat Anda lebih waspada. Jadi Anda tidak lagi sembarangan dalam mempercayai maupun memilih agen properti secara sembarangan. Banyak hal yang mesti ikut dipertimbangkan tentunya.